Tentang Kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi merupakan sebuah program inisiasi dari Indonesia Mengajar yang ditujukan untuk para profesional dari berbagai latar belakang profesi dan bidang untuk melihat langsung kehidupan dan kondisi pendidikan di Indonesia dengan menjadi relawan mengajar. Melalui program ini, para profesional dari berbagai latar belakang akan turun tangan langsung mengunjungi dan mengajar di Sekolah Dasar. 

Bentuk kegiatan Kelas Inpirasi berupa mengajar sehari di Sekolah Dasar. Para profesional ini akan berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi bagi para siswa untuk meraih cita-cita. Cerita tersebut diharapkan akan menjadi bibit bagi para siswa untuk bermimpi dan meraih cita-cita mereka. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi dan cita-cita yang tinggi. 

Dalam pelaksanaan Kelas Inspirasi, terdapat 3 elemen relawan yang saling bekerjasama untuk menyukseskan kegiatan Kelas Inpirasi tersebut. Ketiga elemen tersebut adalah sebagai berikut :

1. Relawan Panitia/Fasilitator, bertindak sebagai panitia yang mengelola kegiatan Kelas Inspirasi mulai dari persiapan pelaksanaan, teknis di hari H pelaksanaan sampai selesai kegiatan Kelas Inspirasi. Tugas relawan panitia/fasilitator tidak hanya pada Hari Inspirasi, tetapi juga termasuk survei ke sekolah, melakukan publikasi, merekrut relawan sampai mengatur acara briefing sebelum Hari Inspirasi dan refleksi setelah Hari Inspirasi.

2. Relawan Pengajar, merupakan relawan yang bertugas untuk mengajar di kelas dan menceritakan pengalaman maupun profesinya. Untuk menjadi relawan pengajar, diperlukan beberapa syarat, seperti minimal pendidikan D3 dan lama bekerja minimal 2 tahun. Untuk menjadi relawan pengajar, relawan harus bersedia cuti pada Hari Inspirasi.

3. Relawan Fotografer dan Videografer, merupakan relawan yang bertugas yang bertugas mendokumentasikan kegiatan Kelas Inspirasi pada Hari Inspirasi dalam bentuk foto maupun video. Dokumentasi kegiatan Kelas Inspirasi ini akan disebarkan melalui berbagai media sosial.

“Bagi Anda hanya satu hari cuti bekerja, namun bagi murid-murid itu bisa menjadi hari yang menginspirasi mereka seumur hidup. Berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi cita-cita dan mimpi mereka.”


Sejarah Kelas Inspirasi

Berawal dari Indonesia Mengajar yang menurunkan beberapa relawan Pengajar Muda ke daerah terpencil di Indonesia sejak tahun 2010, ide tentang Kelas Inspirasi ini muncul. Antusiasme pemuda di Indonesia mengikuti program Indonesia Mengajar ini cukup besar. Untuk menjadi Pengajar Muda, relawan harus merelakan waktunya selama satu tahun di daerah terpencil. 

Banyak para profesional yang ingin bergabung ikut berkontribusi membangun pendidikan negeri tetapi terkendala di jangka waktu yang lama. Kemudian lahirlah ide Kelas Inspirasi yang memberikan kesempatan kepada para profesional untuk turun ke Sekolah Dasar hanya dalam waktu satu hari.

Kegiatan Kelas Inspirasi pertama kali diselenggarakan pada tanggal 25 April 2012 dengan mengusung tema career day dan dilaksanakan secara serentak di 25 Sekolah Dasar di Jakarta dengan mengajak 250 profesional dibidangnya. Kelas Inspirasi 2 pun telah sukses dilaksanakan di 6 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Pekanbaru, Yogyakarta dan Solo. Hingga hari ini, gerakan Kelas Inspirasi terus terduplikasi dan telah dilaksanakan di lebih dari 300 kota/kabupaten se-Indonesia dengan melibatkan ribuan relawan di dalamnya. 

Kelas Inspirasi mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk turut terlibat aktif dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti satu hari dan berbagi pengalamannya bersama siswa-siswi di Sekolah Dasar ini merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. 

Kelas Inspirasi untuk kabupaten Karawang baru mulai diinisiasi awal tahun 2016. Harapannya, lebih banyak lagi para profesional dan masyarakat kalangan menengah ke atas yang ikut turun tangan dan berbagi pengalaman profesinya kepada siswa-siswi Sekolah Dasar di kabupaten Karawang. Nantinya, interaksi antara para profesional sebagai relawan pengajar dengan siswa-siswi Sekolah Dasar, para guru dan Kepala Sekolah akan membuka ruang komunikasi dan kolaborasi antar keduanya melalui pengalaman mengunjungi, dan mengajar, dan berinteraksi selama Hari Inspirasi.